Mengatur renggang jarak klep dan stasioner Vario 125

stel klep

Mengatur jarak renggang klep

Pada kali ini ane kepingin share jarakrenggang klep dan putaran mesin yang stasioner untuk vario 125. Gak cuma buat vario 125 aja sih, motor lain juga bisa, tapi mungkin ada beberapa resiko yang musti ditanggung, seperti putaran stasioner terlalu tinggi, atau klep jadi ngeclek (kerenggangan). Karena masing-masing motor mempunyai karakteristrik tersendiri 😀 Cielah 😀

Feeler Gauge - Untuk menyetel jarak renggang klep

Feeler Gauge – Untuk menyetel jarak renggang klep

Peralatan yang dibutuhkan gak ribet kok 😀 Untuk setel jarak renggang klep, kita butuh obeng plus, kunci T 10 mm, kunci ring 9, special tool untuk memegang baut tappet adjuster, dan feeler gauge.

No. 14 - Screw Tappet Adjuster No. 16 - Nut Tappet Adjuster

No. 14 – Screw Tappet Adjuster
No. 16 – Nut Tappet Adjuster

Pertama, mesin harus dipastikan sudah dalam keadaan dingin. Kalau mesin masih panas-panas anget, maka penyetelan jarak renggang klep tidak akan optimal. Kedua, bersihkan dulu alat-alat kerja agan, karena bagian yang menyentuh dalaman mesin harus bersih agar tidak mengontaminasi part-part tesebut.

Ane lupa dokumentasiin.. Jadi nyomot pic di internet dulu deh :D

Ane lupa dokumentasiin.. Jadi nyomot pic di internet dulu deh 😀

Cara menyetelnya mudah kok, siapkan feeler gauge dengan ukurannya. Lalu buka mur pengencang (nut adjuster tappet), longgarkan secukupnya. Lalu selipkan feeler gauge seperti gambar diatas, putar screw adjuster sampai feeler gauge terasa seret untuk digeser. Jika dirasa sudah pas, tahan kepala screw adjuster dengan special tool, lalu kencangkan kembali mur penahannya. Coba kembali selipkan feeler gaugenya, harus seret! Tidak boleh loncer, dan harus bisa masuk!.

Untuk klep intake dan klep exhaust, caranya sama saja kok.. Hanya saja ukurannya yang berbeda. Untuk klep intake, kita setel dengan jarak renggang 0.15 mm. Klep exhaust, disetel dengan jarak renggang 0.25 mm. Renggang ya klep exhaustnya? Gapapa gan, itu sudah cukup banget! Kalo dirasa terlalu renggang, silakan rapatkan kembali jaraknya menjadi 0.20 mm.

Jarak renggang klep diatas juga merupakan obat bagi Beat FI yang sering mogok dijalan, lalu mesinnya didiamkan sebentar baru bisa jalan kembali. Hal tersebut terjadi karena jarak renggang klep yang terlalu rapat. Sehingga, saat mesin panas, tingkat pemuaian yang terjadi antara klep dan screw adjuster tappet cukup untuk membuat klep “mengaga” saat mesin beroperasi. Sehingga, terjadilah loss kompresi dan motor mati dijalan, dan harus didiamkan (didinginkan) terlebih dahulu agar motor bisa start kembali.

Jika penyetelan klep sudah selesai, tutup kembali kepala silinder yang dibuka!


Digital tachometer dengan laser

Digital tachometer dengan laser

Untuk penyetelan stasioner, ane sebenernya agak curang yak. Pakai alat digital tachometer dengan menggunakan laser. 😀 Pakai tachometer radiasi (yang ditempelkan ke kabel busi) juga bisa kok, namun hasilnya bisa dibilang kurang akurat.. hehe 😀

Pengukuran putaran mesin juga bisa dilakukan dengan menggunakan AVO meter digital yang terdapat fitur pengukuran frekuensi (Hz), refrensinya ada disini broo: CARA MUDAH SETTING RPM STASIONER VARIO 125 PGM FI MEMAKAI AVO DIGITAL

Untuk setting putaran stasioner yang pas, sebernernya udah ditunjukin digambar diatas. Yaitu berkisar antara 1650-1700 rpm. Dengan putaran mesin yang pas, maka akan didapatkan tarikan awal yang pas dan fungsi idling stop system yang optimal (bagi yang pakai vario 125 iss)


Sekian share dari ane, moga kepingin 😀

5 thoughts on “Mengatur renggang jarak klep dan stasioner Vario 125

  1. Bro..ahmad,ane tanya dunk..tanda posisi tma pd vario 125 itu bisa dilihat dimana ya?
    Ane sdh sampe bongkar radiator untuk lihat coakan dikipasnya.tapi msh bingung letak tanda tma dicrankcasenya..
    Mohon bantuannya gan…trims ya sebelumnya..

  2. Wah kotor banget gan Cylinder Head ente,,, pakai oli mesin apa gan ?

    Bener gk gan katanya kalo Rocker Arm sudah jenis Roller Rocker Arm (Ada sejenis roller/bearing/laher) di Pelatuk Klep itu sebenarnya cek celah kerenggangan klep dilakukan tiap 10.000 KM, bukan 2000 KM kayak di buku service ?

    Ngeri juga nih AHM, masa tiap 2000 KM cek celah klep,,, soalnya ane pernah cek celah klep 4000 KM masih sesuai standard diukur pakai feeler gauge,,, di AHASS pun mekaniknya bilang gk perlu dicek celah klep kecuali ada ada bunyi khas klep renggang di area head dan ada keluhan misalnya mogok/overhead atau bensin boros,,, lagian udah canggih gini (Roller Rocker Arm), beda dengan flat tappet yg emang lebih cepet renggang celah klepnya karena tingkat friksi yg lebih tinggi, nah itu juga dipengaruhi kualitas oli, soalnya celah klep jadi renggang karena keausan dari rocker arm, bukan karena baut settingan celah klep yg geser.

    • kotor bersih itu relatif. itu PFT hijau umur 7000 km lho.
      gak juga.. tiap service rutin di cek jg gak ada salahnya tho.. hehe. Setelan klep yang benar bisa menyelamatkan sekian horsepower yang hilang..

      • hehehe,,, kirain AHM Oil 😛

        padahal kan PFT udh API SN ya gan,, Detergancy harusnya bagus,,,

        Kalo ane gk pernah pakai PFT sih,,, PCMO yg ane pake dari motor baru ya PFG, trus baru-baru ini ane pake E-Pro Gold (nyobain 0W-20),,,

        gk ada salahnya itu emang bener, tapi kalo tiap 2000 KM misalnya celah klep dicek ternayta celah nya gk berubah mulu kan jadi buang2 waktu dan tenaga,,,

Leave a comment