ECU PCX 2018 koit gara-gara ganti throttle body??

pcx150engine-a.png

Menanggapi personal message baru-baru ini, kalau menggunakan throttle body CB150R/CBR150R tipe lama (yang belum menggunakan lampu utama LED) di PCX 2018 alias PCX lokal menyebabkan ECU-nya mati.

Hal ini disebabkan oleh layout dari pin keluar sensor set throttle body CB150R/CBR150R lama tidak sesuai dengan layout pin keluar sensor set throttle body keluaran terbaru, yakni sejak munculnya PCX LED dan motor setelahnya yang menggunakan sensor set throttle body yang berbeda meskipun sama-sama mengadopsi soket kaki 5 yang sama dengan throttle body seri lama.

Perhatikan perbedaan kedua sensor set throttle body yang digunakan oleh masing-masing motor di bawah ini:

sensor tps 3.jpg

Terlihat berbeda bukan antara versi lama, dengan versi yang lebih baru. Versi lama adalah nomor pertama dan kedua dari kiri gambar di atas, sedangkan yang versi lebih baru menggunakan nomor ketiga dan keempat dari kiri. Apa perbedaannya? Nomor 1 dan nomor 3 umum kita temukan pada motor dengan mesin berdiri seperti New CB dan keluarga mesinnya, sedangkan nomor 2 dan 4 kita temui pada mesin tiduran seperti skuter matic.

Jika dilihat pin keluar sensor untuk versi lama, adalah sebagai berikut (perhatikan nomor pada gambar):

sensor tps.jpg

  1. Manifold Pressure Sensor, atau MAP sensor.
  2. Throttle Position Sensor, atau TPS.
  3. SG / Sensor Ground.
  4. VCC / 5+ volt.
  5. Intake Temprature Sensor, atau IAT sensor.

Sedangkan pada sensor versi yang lebih baru, menggunakan layout yang berbeda, yaitu (perhatikan nomor pada gambar):

sensor tps 2.jpg

  1. Manifold Pressure Sensor, atau MAP sensor.
  2. VCC / 5+ volt.
  3. Throttle Position Sensor, atau TPS.
  4. SG / Sensor Ground.
  5. Intake Temprature Sensor, atau IAT sensor.

Perbedaan memang hanya pada 3-pin yang berada di tengah-tengah soket sensor tersebut, namun pemaksaan pemasangan pada engine management yang menganut keluaran sensor yang berbeda akan menimbulkan eror pada sensor dan menyalanya check engine light atau CEL. Pada jangka pemakaian yang panjang, dapat menyebabkan tewasnya ECU pada motor teserbut.

Sebetulnya, untuk user PCX 2014 (LED) dan PCX lokal tetap bisa menggunakan throttle body tipe lawas dengan menyesuaikan keluaran pin pada socket sensor throttle body sebelum melakukan pemasangan. Dengan menukarkan posisi 3-pin di tengah menyesuaikan pin keluar throttle body CB150R/CBR150R lawas.

Jika tidak ingin melakukan perubahan pada soket sensor throttle body maka untuk meng-upgrade throttle body dapat menggunakan throttle body kepunyaan Sonic 150R dan saudara-saudaranya (New CB150R, CBR150R LED, Supra GTR). Karena throttle body pada motor tersebut menggunakan layout pin keluar yang sama. Hanya perlu menukar sensor set pada throttle body tersebut dengan sensor set yang menempel pada throttle body PCX 2014/2018, jika dirasa perlu saja.

Perlu diingat bahwa warna kabel pada tiap-tiap versi motor dapat berbeda, agar melakukan double check dengan wiring diagram masing-masing motor yang digunakan. Namun, biasanya pin keluar pada sensor akan sama saja.

Semoga tulisan ini dapat membantu rekan-rekan sekalian, agar tidak terjadi lagi ECU koit gara-gara penggantian throttle body dan minimnya pengetahuan user sekalian..

Leave a comment