Fenomena Maraknya Oli Diesel dipakai di Motor Kopling Basah

Sebagai user HDEO dan PCMO pada motor harian, ketawa juga sih sebenernya liat komentar yang bisa dibilang “sok-tahu”. Mungkin bisa karena user tersebut tidak/belum pernah mencoba oli-oli mesin bensin ataupun mesin diesel pada mesin motor kesayangannya lalu asal berkomentar saja.

Mas Bro Biker

oli_mobilBaru-baru terjadi fenomena maraknya pemakaian oli diesel untuk motor kopling basah. Menurut saya hal ini sebetulnya sangat berbahaya karena terdapat beberapa jenis oli mesin dan telah disesuaikan untuk jenis mesinnya oleh pembuat oli tersebut. Dan motor khususnya yang menggunakan kopling basah oleh pabrikan telah diberikan rekomendasi spesifikasi oli baik API maupun JASO yang cocok untuk karakteristik mesinnya. Sehingga menggunakan sembarang oli  yang spesifikasinya tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan adalah sangat berbahaya. Karena bagaimanapun juga yang tahu tentang spesifikasi oli mesin yang cocok untuk sebuah mesin motor adalah pabrikan yang membuatnya. Dan jika sampai terjadi kerusakan maka akan ditanggung sendiri oleh pemilik kendaraan bermotor karena garansi mesin jelas hangus ketika menggunakan oli diluar yang direkomendasikan pabrikan.

Saya sendiri dahulunya tertarik dengan penggunaan oli diesel pada motor kopling basah. Beberapa hal yang membuat saya tertarik adalah dari komunitas pengguna oli diesel untuk motor kopling basah yang menamakan dirinya komunitas oli sesat percaya…

View original post 573 more words

Leave a comment